Ini yang Dilakukan Anies Baswedan Usai Salat Id Pagi Nanti, Cicipi Menu Lebaran di Rumah Dinasnya

oleh

Setelah melaksanakan salat Id, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana akan mengelar open house di Rumah Dinas.

Rencananya open house akan dilaksanakan pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Ia mengaku sudah mempersiapkan berbagai hal termasuk hidangan saat menyambut Lebaran bersama keluarganya.

“Iya dong sudah masak opor, rendang, ada dua pilihan ketupat, lontong tapi saya lebih senang lontong,” kata Anies di Rusun KS Tubun Jakarta Barat, Selasa (4/6/2019).

Besok Anies berencana akan melaksanakan salat Idul Fitri di Balai Kota Jakarta dan dilanjutkan halal bihalal.

Setelah melaksanakan salat id, ia juga turut hadir dalam acara open house Presiden RI Joko Widodo.

Setelah itu, Anies juga berencana mengunjungi beberapa tempat untuk melaksanakan silahturahmi ke lokasi kerabat seperti pada umumnya yang dilakukan masyarakat saat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Pagi akan salat id di Balai Kota sesudah itu ada open house bapak Presiden, sesudah itu ada beberapa tempat yang saya kunjungi. Selanjutnya baru open house di rumah dinas. InsyaAllah jam 3 sore sampai jam 6,” ucapnya. 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Rusun KS Tubun Jakarta Barat, Selasa (4/6/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Rusun KS Tubun Jakarta Barat, Selasa (4/6/2019). (Warta Kota/Joko Supriyanto)

Pantau Takbir Keliling

Gubernur DKI Jakarta meninjau beberapa titik pelaksaan takbiran yang digelar di beberapa wilayah DKI Jakarta. Ia menyebut jika pelaksaan takbiran malam ini berjalan tertib dan damai.

Ia melihat jika banyak masyarakat yang begitu antusias akan pelaksanaan takbir keliling ini.

Untuk itu ia berharap suasan takbiran tetap tertip dan esok hari dapat melaksanakan salat Idul Fitri bersama keluarga.

“Abis muter tadi. Abis keliling ke beberapa wilayah di Jakarta setelah magrib. Melihat kondisi kota memastikan bahwa semua jajaran siap dan alhamdulillah Jakarta tertib dan damai. Tadi saya sudah lihat warga sudah bersiap-siap untuk takbir keliling,” kata Anies Baswedan di Rusun KS Tubun Jakarta Barat, Selasa (4/6/2019).

Anies menyebut dirinya meninjau beberapa titik lokasi takbir keliling masyarakat melalui kendaraan dinasnya, ia mengaku akan terus memantau titik titik pelaksaan takbir menyambut Idul Fitri.

“Tadi memantau saja dari mobil. Karena memang kegiatan pertamanya di sini dan nanti kita akan ke tempat lain. Tanah Abang, Bundaran HI, dan seputaran wilayah mengalir memantau suasana ibu kota,” katanya.

Ia mengaku antusias warga cukup besar karena ia melihat di beberapa sudut kota, masyarakat tengah melaksanakan takbiran dengan tertib.

Untuk itu pihaknya juga berpesan kepada peserta takbiran untuk nomor satukan keselamatan.

Selain itu ia juga meminta masyarakat untuk tidak terlalu malam dalam rangka pelaksanaan takbiran ini, karena esok hari harus melaksanakan salat id.

Dari segi pengamanan ia juga menyebut cukup baik karena beberapa personil juga telah diturunkan menjaga keamanan di malam takbiran ini.

“Antusiasme warga luar biasa. Tadi saya ke daerah selatan itu seputar Ciputra warga warga sudah keluar, dari Palmerah juga sudah keluar. Banyak sekali di pinggir jalan dengan persiapan malam takbiran,” ucapnya. 

Tinjau Pelaksanaan Takbir Keliling di Rusun KS Tubun 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengelar takbir keliling di empat titik wilayah DKI Jakarta, Salah satunya berlokasi di halaman Rumah Susun KS Tubun Jakarta Barat.

Pantauan Wartakotalive.com sekitar pukul 19.30 sejumlah peserta yang akan melaksanakan takbir keliling ini mulai mendatangi halaman Rumah Susun KS Tubun, Jakarta Barat.

Dengan mengunakan berbagai jenis mobil seperti mobil pick up dan beberapa kendaraan roda dua maupun empat, seperti pada umumnya dilengkapi dengan beduk.

Pelaksaan takbir keliling ini nanti akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu suara takbir terus dikumandangkan menyambut perayaan malam takbiran ini.

Sebuah panggung juga disiapkan untuk para tokoh agama maupun pejabat daerah yang hadir dalam perayaan takbir keliling ini.

Dalam agenda ini juga turut hadir oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah dan jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat seperti Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi, Sekertaris Kota Administrasi Jakarta Barat dan juga beberapa Camat da Lurah.

“Kita telah melewati puasa, insallah puasa kita diterima, dan kembali pada fitrah. Mari sama sama berdoa semoga kita diberi umur panjang dan dapat melaksanakan ramadan di tahun depan, kita semua merasa besyurkur pada malam ini bisa melaksanakan takbiran,” kata Anies Baswedan dalam sambutannya, Selasa (4/5/2019)

Menurut Anies, takbiran merupakan suatu tradisi yang dilaksanakan saat menjelang lebaran, sehingga tak perlu di halangi, karena DKI merupakan rumah bagi warga dan buka sebagai tamu.

“Karena itu kita pantas meneruskan tradisi itu. Sejak sore malam saya sudah keliling dari mobil saja. Saya lihat dari ujung-ujung gang melihat mereka melaksanakan takbiran. Saya terharu takbiran mulai bergema malam ini,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat yang melaksanakan takbiran pada malam ini dapat menjaga ketertiban dan keamanan.

Sehingga pelaksaan takbir keliling ini dapat berjalan lancar, dan esok hari dapat melaksanakan salat Idul Fitri bersama keluarga.

“Mari malam ini kita jalani sunahnya di malam takbir dan jaga ketertiban dan keselamatan kita tidak ingin malam takbiran muncul masalah karena keselamatan disepelekan. Klo resiko disepelekan maka lebaran tidak tenang,” katanya.

Pihaknya juga tidak lupa berterima kasih kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat yang sudah menyiapkan takbiran ini dan menjaga wilayah tetap aman dan damai.

Di akhir sambutannya ia juga menyampaikan permohonan maaf dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin atas nama pribadi dan Pemprov Dki Jakarta,” ucapnya.  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!