Masjid Jami Al Azhar Bekasi Siap Tampung 2.500 Jamaah Salat Id

oleh

“Penambahan sumur dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jamaah yang ingin mengambil air wudhu. Karena beberapa waktu lalu pernah, air yang keluar sangat kecil sehingga perlu ditambah sumur airnya.”

MASJID Jami Al Azhar Jakapermai Bekasi Barat, Kota Bekasi akan kembali menggelar Salat Id pada Rabu (5/6/2019) pagi.

Tidak hanya ruangan utama masjid, pengelola juga berencana akan memakai lahan parkir dan halaman masjid untuk keperluan jamaah salat id di Masjid Jami Al-Azhar.

“Total daya tampung untuk jamaah sekitar 2.500 orang. Itu terdiri dari ruang utama, lahan parkir kendaraan dan halaman masjid,” kata Kepala Sekretariat Masjid Jami Al Azhar Jakapermai Kunaevi Sanusi pada Selasa (4/6/2019).

Kunaevi mengatakan, lahan parkir kendaraan sengaja dialihkan sementara untuk tempat salat jamaah.
Masjid Jami Al Azhar Bekasi

Masjid Jami Al Azhar Bekasi (Istimewa)

Maka, bagi jamaah yang membawa kendaraan bisa memarkirkan di area luar masjid, namun tetap dijaga oleh panitia maupun petugas keamanan.

Hingga kini, kata dia, Masjid Jami Al Azhar juga telah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya membersihkan ruang utama masjid, halaman, dan area parkir masjid.

Tidak hanya itu, pengelola juga menambah satu pompa sumur sehingga ditotal menjadi empat sumur air.

“Penambahan sumur dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jamaah yang ingin mengambil air wudhu. Karena beberapa waktu lalu pernah, air yang keluar sangat kecil sehingga perlu ditambah sumur airnya,” ujar Kunaevi.

Antisipasi sampah

Guna menghindari sampah kertas bekas alas jamaah, kata dia, pengelola telah menyiagakan 12 petugas kebersihan.

Mereka akan membersihkan sampah yang ditinggal oleh para jamaah usai melaksanakan salat Ied di area parkir atau halaman masjid.

“Beberapa panitia dan petugas kebersihan dari pemerintah daerah juga membantu membersihkan sampah. Jadi tidak butuh waktu lama, area masjid akan kembali bersih,” imbuhnya.

Kunaevi menambahkan, khotib Idul Fitri 1440 H pada Rabu (5/6/2019) akan dipimpin oleh DR. H. Ahmad Zein Sarnoto, sedangkan imam salat dipimpin oleh H. M. Noer Syarifuddin Zakky Al-Hafid.

“Untuk tema kotbahnya aalah Idul Fitri dan Penanaman Nilai-Nilai Ketakwaan Dalam Upaya Mewujudkan Kebersamaan,” ungkapnya.  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!