Ini yang Paling Dicari Artis Soraya Larasati saat Lebaran

oleh

Saat kebanyakan orang berburu ketupat atau lontong opor saat hari raya Lebaran, artis Soraya Larasati justru mencari nasi.

MENURUT Soraya, dibandingkan ketupat, nasi lebih mengenyangkan. Karena alasan itulah saat Lebaran ia memilih nasi dibanding.

“Aku enggak begitu suka ketupat. Aku nyarinya nasi. Ketupat kayak enggak nendang gitu. Lebih senang nasi,” tutur dia di Jakarta, belum lama ini.

Walaupun lebih memilih nasi, perempuan asli Jakarta itu biasanya tetap menghidangkan ketupat untuk anggota keluarga lainnya.

Dia juga menyediakan dan menyantap makanan teman ketupat, seperti rendang, gulai dan dendeng daging, lengkap dengan kerupuk yang menjadi penganan kesukaanya.

“Ketupat, rendang, sayur, dendeng. Itu yang wajib. Kerupuk harus hadir, gorengan,” kata dia yang tak pernah merasakan tradisi mudik itu.

Tak pernah mudik Lebaran

Soraya Larasati menjadi salah seorang yang tak pernah merasakan tradisi mudik menjelang Lebaran.

Sejak kecil hingga kini dia selalu berlebaran di Jakarta.

“Aku enggak ada kampung, Cina Betawi. Enak enggak pernah mudik seumur hidup,” kata dia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika biasanya menantu yang mendatangi mertua ke kampung halamannya, hal berbeda terjadi pada Soraya. Orang tua sang suami yang asli Minangkabau justru datang ke Jakarta saat Lebaran atau pada hari-hari tertentu.

“Suami, Minangkabau. Tapi, dia enggak pernah pulang kampung. Orang tuanya malah yang ke sini. Jadi selalu di Jakarta,” tutur Soraya.

Meskipun tidak merasakan suasana mudik, dia tetap menjadikan suasana Idul Fitri sebagai momentum bersilaturahim dengan keluarganya sekaligus ajang bagi-bagi THR.

“Keluarga aku paling simpel, standar saja paling kumpul sama keluarga di rumah yang paling tua. Kan dulu nenek, sekarang nenek sudah meninggal, jadi di rumah mama aku, karena mama anak pertama. Makan. Terus bagi-bagi THR untuk anak-anak, foto,” kata dia.

Karina Salim hopping ke banyak rumah kerabat
Karina Salim

Karina Salim (Warta Kota/Nur Ichsan)

Sementara itu aktris Karina Salim mengaku belum pernah merasakan suasana mudik ke kampung halaman setiap Lebaran karena keluarga besarnya sejak dulu bermukim di Jakarta.

Sebagai gantinya, cucu pahlawan Agus Salim itu mengunjungi beberapa rumah sekaligus dalam sehari untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di ibu kota.

“Karena keluarga besar banget, jadi dalam sehari bisa hopping (berpindah-pindah) ke rumah atau tempat minimal lima,” ujar Karina kepada Antara.

Walau harus berpindah tempat beberapa kali, Karina mengaku kesempatan sekali setahun itu menjadi momentum istimewa karena menjadi ajang berkumpul dengan saudara-saudara jauhnya.

“Suasana seru, ngangenin dan banyak banget rumahnya,” celoteh aktris “Salawaku” itu yang menambahkan hidangan Lebaran di rumahnya tidak jauh-jauh dari ketupat.

Namun, Karina mengaku tidak repot untuk membereskan rumahnya saat musim mudik libur Lebaran meskipun sejumlah asisten rumah tangga di ibu kota juga ikut mudik.

“Ada satu mbak yang sudah kerja puluhan tahun dan enggak pulang. Jadi, masih ada yang bantuin di rumah,” tutur ibu satu anak tersebut.

Perempuan bernama lengkap Karina Ekaputri Salim itu pernah mengikuti teater “Onrop! Musical” pada 2010.

Aktris yang yang belajar balet klasik sejak belia itu sudah membintangi sejumlah film seperti “Tidak Bicara Cinta“, “Pintu Harmonika”, “Salawaku” hingga “Mobil Bekas dan Kisah-kisah dalam Putaran“. (Antara) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!