VIDEO: RW 01 Kalibata Jadi Percontohan Pengamanan Pada Masa Mudik Lebaran, Ada Satgas Rumah Kosong

oleh

Kawasan RW 01 Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan menjadi percontohan kesigapan tiga pilar dan warga dalam upaya mengamankan perkampungan ketika sebagian warganya mudik ke kampung halaman.

Kapolres Metropolitan Jakarta Selatan, Komisaris Besar Indra Jafar saat mengunjungi kawasan itu, Kamis (30/5/2019) mengapresiasi kesigapan tiga pilar, khususnya aparat dari Polsek Pancoran dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Apalagi, Polsek Pancoran kini telah membentuk Satgas Rumah Kosong yang nantinya akan melakukan pengamanan secara bersama di lingkungan tempat tinggal.

“Kami lihat untuk sistem keamanan di sini cukup baik. Ada banyak kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik yang tentunya akan sangat membantu jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti upaya pencurian,” ujar Kombes Indra saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan lebaran di RW 01 Kalibata.

Kombes Indra dalam kesempatan itu berkeliling ke perkampungan, mengamati tiap persimpangan gang dan melihat rumah-rumah yang telah kosong ditinggal penghuninya mudik.

“Kesadaran warga di sini saya lihat cukup baik dengan menerapkan teknologi seperti ini. Nanti tinggal tugas satgas saja yang mesti rutin melakukan patroli,” ungkapnya.

“Apabila nanti ada kejadian yang bisa menimbulkan keresahan atau gangguan kamtibmas, warga kami imbau segera langsung melaporkan ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat,” imbuh kapolres.

Kapolsek Pancoran Kompol. Endang Wahyu Kinasih menambahkan, pembentukan Satgas Rumsong merupakan inisiasi pihaknya bersama warga dalam rangka menciptakan keamanan di lingkungan perkampungan selama musim lebaran.

“Sinergitas antara polisi, TNI, pengurus RT/RW dan warga menjadi kunci dalam terciptanya kamtibmas. Kami berharap dengan terbentuknya Satgas Rumsong ini bisa menciptakan keamanan serta membuat tenang warga yang meninggalkan rumahnya untuk mudik,” ujar Kompol Endang.

Kompol Endang mengungkapkan, selain menyiagakan personil, pihaknya juga akan rutin melakukan patroli khususnya ke kawasan-kawasan yang mayoritas warganya mudik, untuk mengantisipasi tindakan pencurian.

“Kita telah rutin melakukan patroli wilayah dal rangka cipta kondisi dan akan kami tingkatkan lagi saat momentum lebaran,” ujarnya.

Ketua RW 01, Juwarso mengungkapkan, di wilayahnya kini memiliki CCTV sebanyak 14 unit di tempat-tempat strategis untuk memonitor keamanan lingkungan tempat tinggal. CCTV itu bisa dipusatkan dari satu monitor dan selalu dipantau oleh pihak keamanan RW yang bertugas.

“Kemungkinan bulan depan akan segera ditambah lagi CCTV 8 unit karena ada beberapa jalan atau gang yang belum terpantau langsung,” ujarnya.

Ia menambahkan, warga yang mudik dan meninggalkan rumahnya telah melaporkan kepada pihak RT sehingga pihaknya memiliki data di titik mana yang akan fokus dilakukan pengamanan.

“Warga yang pulang mudik, selalu melaporkan ke ketua RT dan RW, sehingga kami bisa menjaga dan mengamankan rumah mereka yang dalam keadaan kosong itu,” tandasnya ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!