VIDEO: Kecamatan Pasarminggu Menangkan Festival Bedug Jakarta Selatan

oleh

Kecamatan Pasar Minggu akhirnya menjadi juara dalam Festival Bedug tingkat Kota Jakarta Selatan yang digelar di halaman kantor walikota Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019).

Penampilan apik, perpaduan irama yang selaras, membuat group ini mampu menyingkirkan sembilan group lain yang bertanding mewakii tiap kecamatan di Jakarta Selatan.

“Penilaian dari segi kekompakan, performance, kostum, kesesuaian vokal, kecamatan Pasar Minggu mendapatkan nilai tertinggi,” ujar Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Imron Yunus kepada Warta Kota di sela kegiatan.

Imron mengungkapkan, festival bedug dilakukan sebagai pelestarian seni budaya islami yang telah ada secara turun temurun.

“Jangan sampai anak muda kita tak lagi mengenal budayanya. Di masa dulu, bedug ini ditabuh dalam suasana kegembiraan. Selain digunakan di masjid-masjid untuk penanda waktu shalat,” ungkapnya.

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengungkapkan, beduk merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak puluhan tahun. Festival pukul beduk yang

“Mudah-mudahan festival beduk yang telah digelar dua tahun terakhir ini terus dapat dikembangkan dan akan menjadi kebanggaan di Jakarta,” kata Marullah.

Menurut Marullah, beduk adalah alat perkusi yang sudah jarang dikenalkan oleh anak milenial saat ini. Sebab itu, Pemerintah bertanggungjawab atas kembalinya memperkenalkan ke khalayak luas.

Wakil Walikota Isnawa Adji menyebut, pemenang festival bedug nantinya akan mewakili Jakarta Selatan ke kompetisi tingkat provinsi.

“Dengan melihat penampilan dari group Pasar Minggu tadi, kami optimis mereka bisa menjuarai kompetisi di tingkat provinsi,” ungkapnya ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!