Perhatikan Jadwal dan Rekayasa Sistem Satu Arah di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali

oleh

Nantinya jalan tol tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari arah Jakarta saat arus mudik dan kendaraan ke arah Jakarta saat arus balik pada kedua jalurnya.

Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan jalur A dan jalur B jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Cipali.

WARTA KOTA, PALMERAH— Berencana mudik lewat jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali?

Atau berencana bepergian ke arah Jakarta saat arus mudik Lebaran 2019?

Saat arus mudik dan balik akan ada rekayasa lalu lintas berupa kebijakan sistem satu arah atau one way di jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali.

Sebab nantinya jalan tol tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari arah Jakarta saat arus mudik dan kendaraan ke arah Jakarta saat arus balik pada kedua jalurnya.

Pelaksanaan sistem satu arah atau one way khusus untuk mudik akan diberlakukan pada tanggal 30-31 Mei dan 1-2 Juni.

Sementara untuk arus baliknya, sistem satu arah berlaku mulai tanggal 7-9 Juni.

“Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan jalur A dan jalur B jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Cipali,” ujar Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Reldi Andri, Kamis (17/5/2019).

“Bisa juga memanfaatkan fasilitas yang ada sepanjang jalan tol tersebut, termasuk rest area,” katanya.

Berikut skenario satu arah arus mudik dan arus balik Lebaran 2019:

1 Arus Mudik

  • Kendaraan dari arah Jakarta akan menggunakan kedua jalur tol mulai KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang Utama hingga KM 262 Brebes Barat. Total penerapan kebijakan satu arah ini mencapai 237 km.
  • Sementara itu kendaraan dari arah Tol Cipularang atau Bandung yang menuju Jakarta akan dialihkan ke jalan Pantura melalui Cikampek.
  • Sedangkan bagi kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Semarang, akan dikeluarkan melalui exit Tol Brebes Barat.
  • Kendaraan lalu diarahkan ke Pantura menuju Cirebon hingga Karawang. Nantinya kendaraan baru bisa masuk lagi ke tol melalui Gerbang Tol Cikarang Barat hingga selanjutnya menuju arah Jakarta.
  • Adapun kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta diarahkan menuju Pantura untuk selanjutnya menuju arah Cirebon dan Jakarta.

2. Arus Balik

  • Kendaraan yang datang dari arah Semarang akan menggunakan dua jalur A dan B pada KM 189 atau Gerbang Tol Palimanan menuju ke arah Jakarta.
  • Arus kendaraan akan diberlakukan normal pada KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang utama menuju ke arah Cawang.
  • Sedangkan kendaraan yang menuju Semarang akan diarahkan melalui Pantura Subang, Cirebon dan masuk Tol Kanci hingga selanjutnya menuju Semarang.
  • Adapun kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung dan Semarang, akan dikeluarkan di exit Tol Cikarang Barat dan diarahkan ke jalur Pantura.
  • Bagi kendaraan yang menuju Bandung, dapat melalui exit tol Cikampek lalu masuk kembali menuju Tol Cipularang.

Uri.co.id Simak Rute Lengkap Mudik Saat Sistem “One Way” Berlaku ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!