Anies Bakal Bangun Rusun untuk Korban Kebakaran Kampung Bandan

oleh

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membangun Rumah Susun (Rusun) untuk korban kebakaran Kampung Bandan, Jakarta Utara.

Pasalnya ada 450 rumah yang habis dilalap si jago merah pada kebakaran hebat 11 Mei 2019 lalu.

“Terkait dengan Kampung Bandan, ada dua aspek penanganan jangka pendek dan jangka panjang,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Jangka pendek yang dimaksud Anies adalah memastikan semua warga yang terdampak kebakaran terjamin kebutuhan dasarnya.

“Sementara jangka panjang, terkait dengan pemukiman tempat tinggalnya,” kata Anies.

Diketahui dari 450 rumah tinggal, ada 3.500 jiwa dari 400 KK Kelurahan Ancol yang diperkirakan kehilangan tempat tinggal akibat peristiwa itu.

Anies pun mengaku tak akan merelokasi para korban kebakaran dan harus menempati rumah susun yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektar milik PT KAI yang telah bekerjasama dengan BUMD Sarana Jaya.

“Lahan 1 hektar itu adalah milik PT KAI. Jadi tadi direktur aset KAI ikut di dalam rapim, dan kita menyepakati bahwa akan dibangunkan pemukiman disana. Jadinya solusinya bukan mereka dipindah keluar dari Kampung Bandan, tapi solusi jangka panjangnya akan disiapkan hunian untuk mereka di lokasi yang kemarin terkena api,” kata Anies.

Selama rusun dibangun, sementara masyarakat diberikan tempat tinggal berupa shelter atau penampungan sementara oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta.

“Akan disiapkan shelter hunian sementara di tempat itu, sembari pembangunannya dilakukan. Hunian sementara itu Dinas Perumahan yang menyiapkannya. Kita menugaskan Sarana Jaya untuk mengatur dengan PT KAI, mereka akan bicara,” kata Anies. (M16)

()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!