KPU Jaktim Optimis Rapat Pleno Rekapitulasi Rampung 10 Mei

oleh

Meski sudah lewat dari tenggat rekapitulasi suara tingkat kota yang ditetapkan, KPU Jakarta Timur optimis dapat merampungkan penghitungan tingkat kota sebelum rekapitulasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, beres.

Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota administrasi Jakarta Timur kerap ditunda sejak Senin (6/5/2019). Hal tersebut lantaran masih ada delapan kecamatan yang belum menyerahkan hasil rekapitulasi.

Ketua KPU Jakarta Timur, Wage Wardana, mengatakan hingga kini baru dua dari 10 kecamatan yang hasil penghitungannya disetujui di tingkat kota, yakni Kecamatan Ciracas dan Matraman.

“Target kita sampai lusa, lusa harga mati. Nanti kita rekapitulasi simultan, jadi dari PPK jalan, di tingkat kota juga. Tapi di tingkat PPK sudah sangat menggembirakan kabarnya,” kata Wage di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019).

Setelah Kecamatan Ciracas dan Matraman, rekapitulasi yang ditunda hingga pukul 20.30 WIB malam nanti berlanjut ke Kecamatan Pasar Rebo.

Wage mengaku optimis karena Cakung yang jadi kecamatan dengan jumlah TPS-nya terbanyak di Indonesia kini sudah mencapai tahap 90 persen dan ditarget beres.

“Tinggal satu kecamatan yang kita lagi push, Duren Sawit. Hanya Duren Sawit saja yang kita perhatikan khusus, yang lainnya sesuai dengan rencana. Hingga kini masih 60 persen,” ujarnya.

Target rekapitulasi tingkat Kota Jakarta Timur berakhir pada Jumat (10/5/2019) berdasarkan hasil koordinasi KPU Jakarta Timur dengan KPU Provinsi DKI Jakarta.

Di tingkat rekapitulasi kecamatan, Wage menyebut kendala terbesar yang dialami yakni banyaknya jumlah TPS sehingga membuat anggota PPK, PPS, saksi, dan pengawas kelabakan.

“Kita mendapat SE (surat edaran) nomor 781 dari KPU DKI terkait hal itu. Kendala rekapitulasi ini cuman satu, karena kami TPS-nya luar biasa banyak, jadi memerlukan waktu lebih dibanding yang lain itu saja,” tuturnya.

Sebagai informasi, KPU RI menetapkan tenggat rekapitulasi suara tingkat Provinsi beres pada Minggu (12/5/2019) sebelum berlanjut ke tingkat nasional dan akhirnya beres pada Rabu (22/5/2019).

Jakarta Timur memiliki jumlah TPS kurang lebih 8.206. Sementara itu, Kecamatan Cakung merupakan wilayah yang paling jumlah TPS-nya se-Indonesia, yakni sebanyak 1.461 TPS. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!