Pengurus Masjid Luar Batang Juga Gelar Sahur Bersama

oleh

Pengurus Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, tidak hanya menggelar buka bersama selama bulan Ramadan. Pengurus masjid juga menggelar sahur bersama.

Kepala Seksi Dakwah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Luar Batang, Maswi, mengatakan sahur bersama yang akan digelar berbeda dengan buka bersama yang dilakukan setiap hari selama bulan Ramadan.

“Sahur bersama nggak setiap hari, situasional saja,” ucapnya, Senin (6/5/2019).

Maswi beralasan sahur bersama disesuaikan dengan donatur yang ingin memberi bantuan berupa makanan, minuman atau bentuk lainnya untuk dibagikan kepada para jemaah Masjid Luar Batang.

“Jadi biasanya mereka (donatur) nitip makanan ke kita, setelah itu kita bagikan makanannya kepada jemaah. Jadi (waktu) tergantung donaturnya,” katanya.

Sahur bersama yang digelar juga tidak dilakukan dengan berkeliling. Justru pengurus masjid yang akan membagikan makanan tersebht kepada para jemaah yang biasa beribadah di tempat itu.

“Jadi bukan keliling ke sekitar masjid, kita bagikan di sini. Kan di sini juga ada jemaah yang itikaf, yang pengen khusyuk menjalankan puasa,” katanya.

Sedekah takjil

Program sedekah takjil oleh warga sekitar Masjid Luar Batang digelar selama bulan Ramadan. Warga yang berpartisipasi akan diatur sedemikian rupa agar bisa terlaksana selama satu bulan kedepan.

Maswi mengatakan nantinya setiap hari akan 6-7 orang yang sedekah takjil ke Masjid Luar Batang. Takjil tersebut diberikan secara bergiliran sepanjang Ramadan.

“Pemberi takjil berasal dari warga RW 01, 02, dan 03 Kelurahan Penjaringan. Ini diatur sedemikian rupa sehingga mencapai 30 hari berpuasa,” ucap Maswi.

Namun demikian, Maswi mengungkapkan program sedekah takjil tersebut tidak wajib dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing warga. Begitu pun dengan menu makanan dan minuman yang tidak diatur.

“Program sedekah takjil sudah berlangsung sejak Ramadan tahun lalu dan tidak diwajibkan, namanya saja sedekah. Makanan dan minumannya juga bebas,” jelasnya.

Selain warga sekitar, ada juga donatur yang kerap memberikan bantuan baik itu berupa makanan, minuman atau pun uang. “Ada juga donatur yang ngasih sedekah untuk takjil. Ya kita terima dan kita bagikan kepada umat,” terangnya.

Nantinya apa yang diberikan tersebut akan diatur sedemikian rupa oleh DKM untuk kemaslahatan umat di Masjid Luar Batang. Apalagi pengunjung Masjid Luar Batang biasanya meningkat sebanyak 20-30 persen selama Ramadan.

“Pengunjung yang datang, selain berziarah, juga ada yang beritikaf di masjid terutama pada saat memasuki pekan ketiga Ramadan,” sambungnya. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!