Besok 1 Ramadan, Pedagang Kembang Musiman di TPU Semper Raup Untung

oleh

Para pedagang kembang musiman memadati jalan di sekitar TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara. Para pedagang tersebut memanfaatkan momen banyaknya peziarah yang datang untuk nyekar sebelum menjalankan ibadah puasa.

Ada puluhan lapak pedagang kembang yang berdiri di Jalan Kebantenan, yang juga menjadi akses masuk menuju TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara. Puluhan lapak tersebut sudah ada sejak satu minggu yang lalu sebelum tibanya bulan Ramadan.

Seorang pedagang, Nur menceritakan dirinya sudah berjualan sejak satu minggu yang lalu untuk mengais rejeki memanfaatkan momen banyaknya para peziarah nyekar ke makam sanak saudara yang telah meninggal dunia.

“Kalau saya musiman, jelang puasa kan banyak yang ziarah. Jadi saya jualan kembang di sini dari seminggu lalu,” ucap wanita yang sehari-harinya jadi ibu rumah tangga itu, Minggu (5/5).

Nur mengatakan dirinya menjual kembang tabur seharga Rp 10 ribu per tiga kantong. Sementara untuk air mawar, Nur menjualnya seharga Rp 10 ribu per botol. Alhasil ia pun mengaku mendapat rejeki dadakan selama berjualan.

“Lumayan kalau jualan musiman kayak begini. Sehari bisa dapat Rp 400 ribu,” katanya.

Sementara pedagang lainnya, Ningsih mengatakan dirinya juga memanfaatkan momen tahunan itu untuk berjualan kembang. Hal itu dilakukan untuk menambah penghasilan sang suami yang bekerja sebagai ojek online.

“Kan daripada diam di rumah, mending jualan musiman kayak begini. Tiap tahun kalau mau puasa sama lebaran, pasti jualan kembang,” tuturnya.

Seorang peziarah, Citra menyambut baik adanya pedagang kembang musiman. Ia tidak perlu lagi repot-repot membawa kembang ataupun air dari rumahnya saat harus ziarah ke makam sanak keluarga di TPU Semper.

“Lumayan ngebantu sih, nggak perlu repot-repot bawa,” sambung Citra. (jhs) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!