Meski Berada di Balik Jeruji Besi, Kriss Hatta Bakal Siap Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

oleh

WARTA KOTA, BEKASI — Bulan Suci Ramadan sudah di depan mata. Seluruh umat Muslim wajib menjalani ibadah puasa Ramadan.

Termasuk aktor Kriss Hatta (30) yang telah menjadi seorang mualaf. Sejak dirinya menikah menikah dengan Hilda Vitria Khan, Kriss Hatta mengaku telah menjadi Muslim.

Namun, puasa kali ini, pria yang profesi sebagai presenter ‘Uang Kaget’ di televisi itu harus menjalani ibadah puasa dari balik jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bulak Kapal, Tambun, Bekasi.

Pasalnya, Kriss Hatta menjadi terdakwa dalam kasu pemalsuan data buku nikah atas laporan Hilda Vitria Khan ke polisi.

Meski akan menjalani ibadah puasa  tanpa sanak keluarga dan sahabatnya, Kriss Hatta mengaku siap menjalankan rukun Islam ketiga tersebut.

“Pastinya selalu siap,” ujar Kriss Hatta usai  sidang eksepsi di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019).

 Tetapi ketika awak media bertanya lebih lanjut,  Kriss Hatta enggan menjawab. Dia langsung ke ruang tahanan pengadilan didampingi pihak kejaksaan dan kuasa hukum serta keluarganya.

Saat ini,  Kriss Hatta tengah menjalani masa tahanan selama 20 hari yang dititipkan Kejaksaan Negeri Kota Bekasi di Lapas Bulak Kapal.

Sementara itu, Kriss Hatta menjalani sidang eksepsi di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Kamis (2/5/2019).

Dia menjalani sidang terkait kasus  pemalsuan dokumen pernikahan dengan Hilda Vitria Khan.

Agenda sidang yakni pembacaan eksepsi dari pihak terdakwa, Kriss Hatta, yang didampingi pengacara barunya, Lukmanul Hakim SH.

Pada sidang sebelumnya, kuasa hukum Kriss Hatta yakn Indra Tarigan. Kemudian, Kriss Hatta ganti pengacara.

Selama persidangan berlangsung, berdasarkan pantauan Warta Kota,  Kriss Hatta terlihat lebih percaya diri dan tenang.

Dia sesekali melemparkan senyum kepada awak media, di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). 

Usai persidangan, Kriss Hatta berterima kasih terhadap awak media yang hadir dalam sidang eksepsi tersebut.

“Terima kasih kalian (awak media) masih bersedia mengikuti jalannya persidangan, hari ini jadwalnya pembacaan eksepsi,” katanya.

Kriss Hatta menjelaskan bahwa sidang eksepsi ini menjadi bagian pembelaannya karena menganggap pernikahannya bersama Hilda Vitria itu sah.

“Sebagai mualaf yang aku ketahui pernikahan itu adalah penyempurnaan ibadah, bukan pernikahan berujung penjara,” ucapnya.

“Apalagi, saat sidang di Pengadilan Agama Bekasi dan Pengadilan Tinggi Bandung menyatakan pernikahan saya itu sah,” ucapnya lagi.

Bahkan, kini dia tak mengerti mengapa dituduh sebagai pelaku dalam kasus ini.

Apalagi, kata Kriss Hatta, tak ada lembaga mana pun yang menganggap buku pernikahannya palsu.

“Saya juga tidak mengerti kenapa buku nikah saya selalu menjadi persoalan,” katanya.

“Padahal tidak ada satu lembaga mana pun menyatakan bahwa pernikahannya ini atau buku saya ini tidak berlaku atau tidak sah. jadi secara kesimpulan buku nikah saya ini sah,” katanya.

Dia juga meminta kepada majelis hakim yang berhati tulus dapat  berlaku adil dalam kasusnya tersebut.

“Saya yakin sekali majelis hakim mempunyai hati yang tulus untuk menanggapi persoalan yang sekarang sedang saya hadapi ini,” ujarnya.

Pihak dari keluarga Kriss Htta yang diwakili oleh ibunda aktor Indonesia tersebut menambahkan bahwa hukum harus berlaku seadil-adilnya dalam kasus buah hatinya tersebut.

“Iya ini harus adil semuanya. Keadilan harus ditegakkan karena saya yakin anak saya memang tidak bersalah itu aja saya minta tolong Hakim pertimbangkan dakwaan hari ini,” tutur ibunda Kriss Hatta.

Atas kasus dugaan pemalsuan dokumen nikah, Kriss Hatta dijerat tiga pasal yaitu Pasal 264 Ayat 2, 266 Ayat 1, dan 266 Ayat 2, dan terancam hukuman 12 tahun penjara.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengacara Indra Tarigan tak hadir dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemalsuan data nikah terdakwa aktor Kriss Hatta di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Kamis (2/5/2019).

Sidang tersebut mengagendakan eksepsi dari pihak terdakwa Kriss Hatta.

Menurut Kriss Hatta, dia mengganti pengacara secara mendadak. Alasannya, kata Kriss Hatta, murni untuk kepentingan hukum.

“Karena memang kepentingan hukum harus diperjuangkan, jadi memang sudah waktunya harus ganti pengacara,” ujar Kriss Hatta usai sidang di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Kamis (2/5/2019).

Meski begitu, dia berterima kasih kepada mantan pengacaranya Indra Tarigan yang telah bekerja maksimal dalam membelanya selama persidangan sebelumnya.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Bang Indra Tarigan yang sudah berjuang semaksimal mungkin. Saya sangat hargai semua kinerjanya,” katanya.

Presenter ‘Uang Kaget’ itu menambahkan bahwa tidak ada sentimen pribadi terhadap penggantian kuasa hukum tersebut.

Dia juga berharap tidak ada perselisihan dengan Indra Tarigan.

“Semua lawyer yang saya tunjuk semuanya bagus cuma saya kali ini ingin melakukan pergantian saja. Semoga kita bisa menjadi keluarga. jangan ada perselisihan di antara kita,” katanya. (Luthfi Khairul Fikri) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!