Ini Dapur Berteknologi dari Jerman | Jakarta Uri.co.id

Jakarta Uri.co.id

Menu

Ini Dapur Berteknologi dari Jerman

Ini Dapur Berteknologi dari Jerman
Foto Ini Dapur Berteknologi dari Jerman

WARTA KOTA, KEMAYORAN — Rumah terutama di perkotaan semakin minimalis. Dan ini berdampak pada pembagian ruang yang juga semakin mengecil, tak terkecuali dapur.

Kendati ruangannya semakin mengecil, fungsi dan kenyamanan dapur tetap sama dari zaman ke zaman.

General Manager Hafale Indonesia Danny Ng mengatakan, dibandingkan 20 tahun lalu, kondisi dapur berbeda dengan yang sekarang.

“Dapur orangtua kita, 20 tahun lalu, bisa berjauhan letaknya antara bagian satu dengan bagian yang lain. Bagian ini untuk memasak, menyimpan, semuanya bisa berjauhan. Tapi kalau sekarang tidak bisa seperti itu. Semuanya jadi satu tempat,” ujar Danny kepada wartawan saat Pameran Kitchen dan Bathroom Indonesia 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (27/9).

Ruangan di rumah yang semakin menyempit membuat orang harus menggabungkan konsep penataan ruang secara efisien dan terpusat. Segala penataan fitting (rak di dapur) yang terbatas harus bisa memenuhi kebutuhan penghuninya.

Hafele, perusahaan asal Jerman yang berpengalaman sejak 1923, mengedepankan furniture fittings yang efisien, dan mengedepankan riset di bidang teknologi furnitur sehingga setiap meter persegi dari ruang yang tersedia dapat merepresentasikan inovasi dan teknologi kualitas Jerman.

Danny  menjelaskan, salah satu teknologi yang ditonjolkan Hafele pada produk rumah tangga adalah sistem laci yang dirancang khusus, NovaPro Scala. Walaupun menawarkan solusi yang terkesan sederhana, namun selain dapat digunakan dalam waktu yang lama, juga membuat daya tariknya yang dirasakan pengguna saat menarik laci baik dalam keadaan kosong ataupun penuh adalah sama.

“Laci di dapur biasanya tarikannya kencang dan membuat bunyi yang keras. Namun produk yang ditawarkan Hafele pada laci membuat tarikannya menjadi lebih pelan ketika dilepas menutup,” ujar pria asal Malaysia ini.

Optimalkan Fungsi Ruangan

Selain di dapur, produk Hafele juga bisa ditemukan di setiap ruang rumah dan semuanya selalu ada spirit mengoptimalkan fungsi ruangan. Misalnya menyediakan perangkat dan sistem furniture dibalik furniture di pasaran seperti Toto dan Metric Kitchen.

Teknologi lainnya, Hafele juga menyediakan loox Led System, yakni sebuah sistem teknologi lampu bongkar pasang yang dapat dengan mudah untuk dipasang sendiri. Ada pula Dialock Locking System, dengan empat kemudahan yakni mudah untuk diatur, mudah disambungkan dengan sistem yang terpadu, mudah dioperasikan, dan mudah dalam keseluruhan bukan hanya sistem tapi juga layanan.

Hafele juga dikenal dengan produk pintu geser yang disebut slido. Produk ini dapat diaplikasikan pada pintu berbahan kayu, kaca, maupun yang berbingkai alumunium. 

Bagaimana harganya? Marketing Manager Hafele Timothy Purnomo mengatakan, semuanya sangat tergantung kebutuhan dan kelengkapan di dapur tersebut.

Hanya saja ia mengakui kelas dari Hafele adalah medium sampai kelas atas. Harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Danny Ng mengatakan dari keseluruhan biaya dapur, antara 15-30 persen di fitting (hardware), sisanya untuk fungsional dan luxury. Dan usia dapur rata-rata  mencapai 10-15 tahun. Ia juga menekankan pentingnya kualitas fitting karena ketika ada salah satu bagian rusak, biasanya sulit diganti dan harus diganti secara keseluruhan.

“Sementara bila bagian fungsionalnya saja yang rusak, misalnya kompor, tinggal ganti kompornya saja tanpa perlu mengganti bagian lain,” tuturnya.    (uri/di/amadhany/AR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Jakarta Uri.co.id